Sabtu, 26 September 2015

TAMAN SEBAGAI PARU-PARU KOTA (bag 1)

assalamualaikum

kota-kota yang berada di negara berkembang biasanya memiliki permasalahan dasar yang sama yaitu masalah akan polusi udara dan polutan. masalah polusi udara dan polutan ini hampir dipastikan dapat mengintai dan mengganggu warga kota. penyakit pernapasan akan menyerang warga yang tinggal di kota dengan tingkat polusi tinggi. solusi akan masalah ini adalah dibuatnya paru-paru kota yaitu taman.

taman sendiri merupakan sebuah areal yang berisikan komponen tanaman dan tumbuhan yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. taman kota sengaja di rancang dan dibuat untuk keperluan warga kota akan udara segar. taman dalam perkembangannya tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi juga sarana bagi warga untuk mendapatkan sebuah areal yang dapat digunakan beraktifitas diluar ruangan tanpa terganggu oleh polusi udara dan bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi dan wisata bagi warga kota.

kecamatan binamu sebagai salah satu kecamatan yang berada di jeneponto tidak terhindar dari masalah akan polusi udara dan polutan. sebagai bentuk dari penanggulangan akan masalah polusi udara ini pemerintah kecamatan binamu membangun taman-taman kota yang terletak di berbagai posisi strategis di kecamatan binamu yang terletak di dalam kota.

kali ini yang akan di bahas adalah salah satu taman di kecamatan binamu yaitu taman siswa yang terletak di jalan lingkar, kelurahan empoang.
pintu masuk taman siswa
taman ini sendiri berada di samping SMKN 08 binamu, jadi taman ini juga di fungsikan sebagai tempat siswa-siswi sekolah untuk melepaskan penatnya dan menikmati waktunya sepulang sekolah.
taman siswa ini terlihat sangat luas dari luar bahkan jika kita berkeliling di dalamnya taman ini makin tampak luas dengan kondisi taman yang dibuat sehijau mungkin. tapi sayang konsep penghijauan taman tidak berjalan baik karena taman ini terlihat kering di berbagai tempat.
taman yang luas dengan gazebo yang berada di tengahnya
taman ini juga sangat sejuk ketika siang hari karena terdapat beberapa pohon dan gazebo untuk berteduh dan melepas penat.
terlihat warga yang melepas penat di taman siswa

tempat duduk yang terletak dekat pintu masuk taman

pedestrian bagi pejalan kaki dibuat luas untuk mempermudah aktivitas di dalam taman

dengan sedikit perhatian lagi dari pemerintah maka taman ini akan makin jadi lebih asri dan indah. demikian pembahasan singkat mengenai salah satu taman di kecamatan binamu.
nantikan artikel berikutnya tentang taman lain yang ada di kecamatan binamu.
see u...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar