Sabtu, 26 September 2015

PENGOLAHAN GULA MERAH DI BINAMU

assalamualaikum....

gula merah seperti yg telah dikenal merupakan panganan khas yang memiliki rasa yg sangat manis. pembuatannya pun berbeda dari pembuatan gula pasir atau putih pada umumnya. gula merah pada dasarnya terbuat dari nira pohon aren yang di masak hingga bisa menjadi gula merah. tapi jeneponto atau binamu pada khususnya memiliki olahan gula merahnya sendiri, mari kita lihat bersama liputan tentang gula merah jeneponto... check it out.

Pohon lontar
Sebelum membahas gula merahnya, kita bahas dahulu sumber bahan pembuatan gula merah jeneponto yaitu pohon lontar. Pohon yg bernama latin Borassus flabellifer ini banyak tersebar di asia selatan dan asia tenggara. Pohon lontar sendiri tersebar sangat banyak di kabupaten jeneponto terutama di wilayah kecamatan binamu banyak ditemui pohon lontar. Pohon lontar ini menghasilkan nira dan nira itulah yg diolah oleh warga untuk dijadikan gula merah.
proses pembuatan


proses pembuatan gula merah yang diliput berada di kelurahan panaikang yang berada di kecamatan binamu. dimana mahasiswa KKN-profesi UIN ALAUDDIN angkatan ke-6 turut serta pula dalam proses pembuatannya, sehingga mahasiswa yang hadir bisa mengetahui bagaimana gula merah dari nira pohon lontar itu dibuat.
mahasiswa kkn-p dalam proses pembuatan gula merah



nira pohon lontar yang terus menerus diaduk

pada dasarnya tidak ada perbedaan cara pembuatan gula merah dari pohon lontar maupun pohon aren, hanya saja karena di kelurahan panaikang ini terdapat banyak pohon lontar maka warganya memanfaatkan dengan maksimal nira pohon lontar untuk dijadikan gula merah sebagai penghasilan warga kelurahan panaikang. demikian liputan dari kelurahan panaikang sebagai salah satu kelurahan penghasil gula merah di kecamatan binamu.
wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar